Minggu, 29 Maret 2020

MAKNA KASIH


Lihat Bukunya Dosen Herman Sarolea dengan judul
Azas-Azas Tata Negara Nederland Nieuw-Guinea Jilid I & II

Ada seorang anak kecil membawa uang I dollar keluar masuk toko. Bolak-balik bertanya kepada pemilik toko “Jual TUHAN tidak?’’
Semua pemilik toko mengusirnya menganggap anak ini hanya pembuat keonaran, pencuri barang saja, menjelang malam dia masuk ke toko yang ke 29, toko terakhir yang dia masuk.
Ada seorang tua yang berumur sekitar 60-an tahun menerima dia dengan ramah, menanyakan kepada anak itu “nak namamu siapa? Kamu mau beli TUHAN buat apa? Cobah kamu ceritakan!”
Anak itu menjawab “nama saya oto. Sejak kecil kedua orang tua saya sudah meninggal, paman sayalah yang merawat saya selama ini. Paman kerja di proyek, beberapa hari yang lalu dia jatuh dari lante 3. Sekarang koma di rumah sakit. Menurut Dokter itu tidak punya harapan lagi hanya TUHAN yang bisa menolongnya!”
Dengan terisak-isak si anak ini melanjutkankisahnya...................
“TUHAN itu pasti  OBAT AJAIB“, maka itu saya mau beli TUHAN untuk menolong paman saya!.
Mendengar cerita si oto air mata orang tua itu berliang dan jatuh. Dia berkata kepada Oto “nak, di sini ada TUHAN dan kebetulan harganya I dollar, tepat seperti uang yang kamu punya!.
Dari lemarinya di keluarkannya sebotol minuman yang ada tulisan “ KASIH TUHAN”. Katanya “ambillah ini nak. Paman mu akan sembuh setelah minum ini”.
Si anak setelah mengucapkan terima kasih, membawa minuman itu si Oto berlari ke rumah sakit sesampai ke rumah sakit Oto berteriak-teriak “paman....paman.....aku berhasil beli TUHAN. Setelah minum TUHAN, pasti paman sembuh!’’
Beberapa hari kemudian ada satu tim dokter rumah sakit terkenal datang ke rumah sakit itu dengan peralatan yang canggih merawat paman Oto. Selang beberapa minggu kemudian sembuhlah paman si Oto.
Ketika akan meninggalkan rumah sakit, begitu melihat tagihan perawatannya paman Oto hampir pingsan membaca biayanya yang sangat besar. Namun pihak rumah sakit cepat-cepat berkata kepada paman Oto, “Tidak usaha kuatir,semua sudah dibayar oleh seorang tua. Beliu itu dulu bos sebuah perusahaan besar. Setelah pensiun dia membeli satu toko di daerah sini. Usaha kecil-kecilan untuk kesibukan saja. Beliaulah yang memanggil tim dokter dan membiayai semuanya.”
Mendengar penuturan pihak rumah sakit, paman dan si Oto buru-buru pergi ke toko ke orang tua itu. Namun orang tua tersebut tidak ada di tempat dan tokonya pun tutup, menurut orang di sekitar itu katanya tokonya baru saja dijual dan beliau sedang jalan-jalan keluar negeri.
Beberapa bulan kemudian, paman Oto mendapat surat lewat kantor Pos dari orang tua yang baik hati itu. Di suratnya tertulis “Hai, Anda sangat beruntung punya keponakan si Oto. Dengan 1 Dollar Oto ke mana-mana mau membeli TUHAN untuk menolongmu. Dialah yang menyambung nyawa Anda. Tetapi Anda harus ingat TUHAN sesungguhnya ada di HATI orang yang punya KASIH”.

Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai Kasih, aku sama sekali tidak berguna. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir, bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.
Amen.

Bagikan cerita ini ke semua orang yang kami kasihi, agar kasih ini menyentuh hati orang-orang yang belum mempunyai “KASIH” di dalam hidupnya! Jadilah orang yang penuh KASIH dengan selalu berbagi kepada yang membutuhkan dan Tanah Papua adalah Tanah Injil. Seperti orang tua kita mengajarkan untuk memberi bukan menerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar